Sunday, January 6, 2013

Jihad Melawan Godaan Setan dan Iblis

Setan adalah sumber kejahatan. Pekerjaannya menggoda dan merayu manusia. Dengan bermacam-macam cara dan tipu daya setan membisikkan bisikan jahat kepada hawa nafsu manusia agar terjerumus ke dalam kesesatan. Yahya bin Mu’adz Ar-Razi berkata: “Setan itu penganggur”. Ia mempunyai banyak waktu untuk menjalmkan rencananya. Sedangkan engkau selalu sibuk, sehingga lalai mengawasi rayuannya. Engkau lupa kepada setan,tetapi setan selalu ingat kepadamu. Setan melihatmu, tetapi engkau tidak melihatnya. Untuk mengalahkanmu setan mempunyai banyak pembantu.engkau harus berjuang keras agar dapat mengalahkan setan, jika tidak engkaulah yang akan dibinasakan dan dihancurkan olehnya”. Demikian tulis oleh al-Ghazali di dalam kitabnya, minhaj al-Abidin.
            
         Oleh karena itu, kita diperintah memerangi setan, agar tidak tersesat oleh godaan dan rayuannya. Allah berfirman :
Sesungguhnya setan itu musuh kamu, maka jadikanlah dia musuhmu.”(QS.Fathir [35] :6)
Bukankah Aku telah berpesan kepadamu hai anak Adam, bahwa kamu tidak boleh menyembah setan, sebab sesungguhnya setan itu musuhmu yang nyata.” (QS. Yasin[36]:60)

            Bagaimana cara memerangi setan? Al-Ghazali menerangkan cara memerangi setan, yaitu: Pertama, dengan mengerahkan tenaga untuk melawan dan menolaknya. Bisikan jahat harus dilawan dengan mempergunakan pikiran yang sehat dan dengan latihan, baik jasmani maupun rohani, sehingga kita tidak terpedaya olehnya. Kedua, dengan berzikir dan memohon perlindungan kepada Allah. Al-Qur’an mengingatkan:
Dan jika kamu ditimpa godaan setan, berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa, bila mereka ditimpa waswas setan, mereka ingat kepada Allah,maka ketika itu juga mereka melihat (menyadari) kesalahan-kesalahan”. (QS. Al-A‘araf [7] : 200-201).

            Salah satu dari godaan setan itu adalah membisikkan ke dalam hati manusia agar jangan taat kepada Allah, dan menanamkan sifat-sifat yang buruk seperti takabbur, riya, cinta kepada kemewahan dunia dan lupa kepada akhirat. Godaan setan itu hanya dapat dilawan dengan bermujahadah, berjuang dengan sungguh-sungguh melawannya, dan senantiasa memohon perlindungan kepada Allah.

Zikir kepada Allah dan memohon perlindungan kepada-Nya adalah senjata yang ampuh untuk melawan dan mengalahkan setan. Dengan perjuangan yang keras (mujahadah), banyak zikir dan mohon perlindungan, tipu daya setan menjadi lemah dan dapat dikalahkan. Allah berfirman:
Sesungguhnya tipu daya setan itu lemah”.(QS.An-Nisa [4]: 76).

No comments:

Post a Comment